iOS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 
 
Artikel ini berisi tentang iOS, sistem operasi perangkat bergerak Apple. Untuk IOS, lihat Cisco IOS. Jika Anda mencari topik lain, lihat daftar di IOS (disambiguasi).
“IOS (sistem operasi)” beralih ke halaman ini. Halaman ini berbeda dengan Cisco IOS.
iOS
Apple iOS.svg
IOS 6 Home Screen.png
iOS 6 di iPhone 4
Perusahaan /pengembang Apple Inc.
Diprogram dalam CC++Objective-C
Keluarga OS XUnix
Status terkini Terbaru
Model sumber Tertutup, dengan komponen sumber terbuka
Rilis perdana 29 Juni 2007
Rilis stabil terkini
iPhone 3GS and later
iPad 2 and later
iPod touch 4th generation and later

6.0.1  (1 Desember 2012; 5 bulan yang lalu)

iPhone 5
iPad mini

6.0.2  (18 Desember 2012; 4 bulan yang lalu)

Apple TV 2nd & 3rd generation

5.1 (Build 10A406E)  (24 September 2012; 7 bulan yang lalu)[±]

Rilis tak-stabil terkini 6.1 (Build 10B5126b)  (17 Desember 2012; 4 bulan yang lalu)[±]
Ketersediaanbahasa 34 bahasa[1][2]
Dukungan platform ARM (iPhoneiPod TouchiPad, dan gen. ke-2 dan terbaru,iPad MiniApple TV), Apple A4,Apple A5Apple A5XApple A6Apple A6X
Jenis kernel Hibrid (XNU)
Antarmukabawaan Cocoa Touch (multisentuh,GUI)
Lisensi EULA proprietari kecuali komponen sumber terbukanya
Situs web resmi www.apple.com/ios/

iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CEMicrosoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012App StoreApple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.[3] SO ini memiliki pangsa pasar 14,9% untuk unit sistem operasi perangkat bergerak telepon cerdas yang dijual pada kuartal ketiga 2012, terbanyak setelah Android Google.[4] Pada bulan Juni 2012, iOS mencakup 65% konsumsi data web perangkat bergerak (termasuk di iPod Touch dan iPad).[5] Pada pertengahan 2012, terdapat 410 juta perangkat bergerak yang diaktifkan.[6] Menurut Apple pada tanggal 12 September 2012, 400 juta perangkat bergerak iOS telah dijual sepanjang bulan Juni 2012.[7]

Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakangerakan multisentuh. Elemen kontrol antarmukanya meliputi slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan SO ini mencakup gerakan seperti gesersentuhjepit, dan jepit buka, masing-masing memiliki arti tersendiri dalam konteks sistem operasi iOS dan antarmuka multisentuhnya. Akselerometer internalnya dipakai oleh sejumlah aplikasi agar bisa merespon terhadap pengguncangan alat (misalnya membatalkan tindakan) atau memutarnya dalam tiga dimensi (misalnya beralih dari mode potret ke lanskap).

iOS diturunkan dari OS X, yang memiliki fondasi Darwin dan karena itu iOS merupakan sistem operasi Unix. iOS adalah versi bergerak dari sistem operasi OS X yang dipakai di komputer-komputer Apple.

Di iOS, ada empat lapisan abstraksi, yaitu Core OS, Core Services, Media, dan Cocoa Touch. Versi terbaru sistem operasi ini (iOS 6.0) menyisihkan 1-1,5 GB memori perangkat bergerak untuk partisi sistem dengan memakai 800 MB partisi (tergantung model) untuk iOS-nya saja.

Penulis: Melba Tathtya JP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s